Feng Shui di Dapur


Menurut ilmu feng shui, dapur merupakan sumber kehidupan. Dapur menjadi tempat utama untuk mengolah makanan dan minuman. Keberadaan dapur ditinjau dari sudut ilmu feng shui dapat memberi keberuntungan bagi sebuah keluarga bila penempatannya dilakukan dengan benar. Itulah sebabnya tata letak perabot dalam dapur juga perlu untuk diperhatikan.
Ada beberapa tips feng shui praktis seputar feng shui dapur . Dalam hal ini kompor (stove) merupakan elemen dapur yang paling perlu diperhatikan dan diwaspadai .
  1. Posisi kompor jangan menghadap ke pintu ruangan atau menghadap ke tangga. Hal ini untuk menghindari ‘hangusnya’ energi positif  Chi. Hilangnya energi ini dapat menyebabkan pencari nafkah kehilangan atau terhambat pekerjaannya.
  2. Kompor tidak boleh ditempatkan berhadapan atau bersebelahan dengan lemari es, bak cuci piring, wastafel, atau mesin cuci. Posisi ini menyebabkan adanya pertentangan antar elemen. Lemari es, bak cuci piring, wastafel, atau mesin cuci yang berunsur air dapat ‘mengguyur’ api makanan dan kemakmuran. Kondisi perekonomian keluarga akan mengalami kondisi stagnan seperti makanan yang beku di dalam lemari es .
  3. Kompor jangan ditempatkan di bawah toilet, di bawah kamar mandi atau tangki air yang ada di lantai atas. Hal ini dikhawatirkan karena energi negatif dapat turun ke dapur yang dapat  menyapu energi chi dan menyapu pula keberuntungan .
  4. Kompor jangan ditempatkan di bawah kamar tidur yang ada di lantai atas. Menurut ilmu feng shui posisi kompor di bawah kamar tidur dapat menyebabkan pengguna kamar sering sakit . Kamar tersebut juga tidak cocok untuk orang yang mudah marah atau mudah tersinggung.
  5. Kompor sebaiknya tidak ditempatkan di bawah jendela dapur . Posisi ini dalam feng shui dikatakan sangat rentan, karena adanya angin dari luar yang akan dengan  mudah memadamkan api kompor, yang berarti tidak ada jaminan akan penghidupan yang baik.
  6. Usahakan saat Anda sedang memasak di dapur, posisi Anda tidak membelakangi pintu. Dalam ilmu feng shui, hal ini kurang baik bagi usaha Anda.
Related topics :
  • ketahui harga kitchen set saat ini

0 comments: